Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika
Vol. 2 No. 1 (2022): Mei 2022 - Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika

Peningkatan Kualitas Guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten Melalui Pelatihan Teknologi Informasi

Sri Ngudi Wahyuni (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta)
Rosyidah Jayanti Viyata (Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta)
Mei Maemunah (Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta)
Rahma Widyawati (Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta)
Sri Mulyatun (Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta)
Istiningsih Istiningsih (Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta)
Achmad Fauzi (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten merupakan salah satu sekolah dasar yang memiliki visi misi melahirkan generasi yang Islami dan berkualitas. Sehingga salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai visi misi tersebut, adalah dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di lingkungan SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten. salah satu upaya peningkatan SDM adalah dengan memberikan pelatihan secara berkala kepada para guru dan staff pendidik, agar senantiasa inovasi dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan kualitas merupakan program berkelanjutan dan dilaksanakan setiap semester. Salah satu program peningkatan kualitas adalah dengan mengadakan pelatihan teknologi pagi guru dan staff pendidik. Pelatihan ini dilaksanakan sehari dengan tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan diikuti 40 orang dengan rentang usia guru antara 20-30 tahun sehingga memiliki daya serap yang tinggi terhadap materi pelatihan. Hasilnya, evaluasi pelatihan menyatakan bahwa 90% peserta memahami dan mampu mengimplementasikan materi secara baik. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah, meningkatnya kemampuan para guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten dalam membangun media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal ini terlihat dari banyaknya unggahan presentasi materi pembelajaran setiap guru di media sosial seperti Facebook dan Youtube. Media pembelajaran yang diunggah digunakan oleh siswa dalam belajar dirumah, sehingga dapat diulamg setiap saat. Banyaknya siswa yang mampu mencari materi belajar berbasis video presentasi dari para guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten menandakan bahwa pelatihan yang diikuti mampu meningkatkan kemampuan dalam membangun media pembelajaran yang menarik, tidak membosankan dan tentunya berkualitas.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika (E-ISSN: 2777-0672) merupakan jurnal hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Teknologi, Science, dan Informatika dengan persyaratan artikel tidak dan belum pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Abdiformatika: ...