Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 2, No 8 (2014): Jurnal Bioterdidik

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Ria Mustika (Unknown)
Pramudiyanti Pramudiyanti (Unknown)
Rini Rita T Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2014

Abstract

 This research was aimed to know the effect of  problem based learning (PBL) teaching model towards student critical thinking skills and student responses about PBL teaching model. This research design was pretest-posttest non-equivalent. Samples were VIID and VIIE that was chosen by cluster random sampling. The quantitative data was obtained from student critical thinking skills (pretest, posttest, N-gain) and analyzed by using t-test and U-test. The qualitative data was obtained from questionnaire of student responses were analyzed descriptively. The results showed that PBL teaching model increased the average of  student critical thinking skills significantly (39,4 increased to 68,9 with N-gain 48,6). Majority of students (95,83%) feel happy to use PBL teaching model in environmental management material. Thus,  PBL teaching model was influenced significantly towards student critical thinking skills and influenced towards student responses about PBL teaching model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis dan tanggapan siswa tentang penggunaan model pembelajaran PBM. Desain penelitian adalah pretes-postes non-equivalent. Sampel yaitu siswa kelas VIID dan VIIE yang dipilih secara  cluster random sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa (pretes, postes, N-gain) yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran PBM dapat  meningkatkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan (39,4 meningkat menjadi 68,9, dengan N-gain 48,6). Sedangkan, sebagian besar siswa (95,83%)  merasa senang terhadap penggunaan model pembelajaran PBM pada materi pengelolaan lingkungan. Dengan demikian, model pembelajaran PBM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan berpengaruh terhadap tanggapan siswa tentang penggunaan model pembelajaran PBM.Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah,  pengelolaan lingkungan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...