CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 6, No 1 (2022)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBBLOG DENGAN PENDEKATAN CTL TERHADAP MATERI LAJU REAKSI

Shinta Mardiana Rumahorbo (Universitas Negeri Medan)
Nurfajriani Nurfajriani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap media E-Learning berbasis webblog dengan pendekatan CTL. Adapun penelitian ini menggunakan metode (RD) dengan model ADDIE meliputi tahapan (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 1 orang guru kimia. Rata – rata  hasil validasi media terintergrasi Contextual Teaching and Learning (CTL) oleh dosen dan guru kimia yang telah dikembangkan adalah 3,70 pada kategori sangat layak dan validasi materi adalah 3,71 pada kategori sangat layak dan tidak butuh revisi. . Pengunaan Media terintegrasi Contextual Teaching and Learning pada materi Laju Reaksi, diperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 56,0% dimana artinya pembelajaran menggunakan media E-Learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil uji hipotesis diperoleh sig.(2. Tailed) sebesar 0,00 dimana sig. yang diperoleh 0,05 yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...