JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 2, No 6 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI METODE DISKUSI DAN TEKNIK KOOPERATIF SCRIPT

Nurhayati Nurhayati (Universitas Lampung)
I Komang Winatha (Universitas Lampung)
Nurdin Nurdin (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2014

Abstract

This study have a purpose to know :1) is there any differences of learning outcomes average result using the Integrated Social learning method of Discussion and Script. 2) are the average results of Integrated Social learning using learning method Discussion more higher than Script. This study used an experimental method with a comparative approach. Means of collecting data in the form of a multiple choice test of 45 questions to 87 students . The results showed : a) there is a difference in average of learning outcomes using the Integrated Social learning method of Discussion and Script. Based on the analysis of data obtained significant 0,00 0,05. b) the average results of Integrated Social learning using learning method discussion more higher than Script. Based on the comparison of the average of each items on the experimental class and the control is 0,62 0,45.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan metode pembelajaran tipe diskusi dengan tipe Script. 2) apakah rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan metode pembelajaran tipe diskusi lebih tinggi dibandingkan dengan tipe Script. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 45 soal kepada 87 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan metode pembelajaran tipe diskusi dengan tipe Script. Berdasarkan analisis data diperoleh signifikan 0,00 0,05. b) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan metode pembelajaran tipe diskusi lebih tinggi dibandingkan dengan tipe Script. Berdasarkan perbandingan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu 0,62 0,45. Kata kunci: hasil belajar, diskusi, script.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...