Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA)
Volume 2 No 2 Mei 2022

Pengaruh Blogger Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTS Ubudiyah P. Brandan

Satria Wiguna, Ahmad Fuadi, Riyantati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Permasalahan penelitian menujukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, lebih banyak guru hanya menggunakan metode ceramah, dan tidak menggunakan media pembelajaran. Siswa kurang antusias ketika pelajaran aqidah Akhlak, mereka sering mengantuk didalam kelas.hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, maka cara yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut dengan cara menggunakan Blogger sebagai media pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Blogger. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan sampel berjumlah 22 siswa di kelas VIII MTs. UBUDIYAH. Instrument yang digunakan pada proses metode penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan tes hasil belajar Aqidah Akhlak. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa mengalami perubahan yang signifikan dan rata-rata pretest 69,35% dan post test 95,40%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dibuktikan bahwa penggunaan media Blogger efektif dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jies

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA) merupakan jurnal yang berfokus kepada penerbitan artikel pada bidang penelitian-penelitian sosial. jurnal ini berupaya memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan pada bidang pendidikan, penelitian, sosial science, dan ...