Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA)
Volume 2 No 2 Mei 2022

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Pembelajaran Pak Kelas IV SD Negeri 005 Teluk Binjai

Pestaria Sihotang (SD Negeri 005 Teluk Binjai)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Pembelajaran PAK materi Tuhanlah Kekuatanku Kelas IV SD Negeri 005 Teluk Binjai bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan menggunakan model Pembelajaran kepala bernomor di SDN 005 Teluk Binjai. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 7 orang laki - laki dan 13 orang perempuan. Hasil tes siswa kelas IV sebelum tindakan menunjukkan angka yang rendah, nilai terendaah yaitu 50 sangatlah jauh dari target ketuntasan minimal pelajaran Pendidikan Agama Kristen yang mencapai angka 75. Setelah diadakan tindakan, pada Siklus I mengalami peningkatan, nilai terendah mencapai 65 bahkan pada Siklus II berikutnya mengaalami kenaikan, nilai terendah mencapai 70. Dengan kata lain mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jies

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat (PUSDIKRA) merupakan jurnal yang berfokus kepada penerbitan artikel pada bidang penelitian-penelitian sosial. jurnal ini berupaya memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan pada bidang pendidikan, penelitian, sosial science, dan ...