Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Pelatihan Asesmen Hasil Belajar Digital Terintegrasi Quizizz Dan Google Form Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa New Normal

Muliani Muliani (Universitas Malikussaleh)
Fajrul Wahdi Ginting (Unknown)
Halimatus Sakdiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada guru terhadap asesemen hasil belajar digital terintegrasi quizizz dan google form sebagai solusi pembelajaran di masa new normal. Kegiatan ini dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 2 kali pertemuan dengan materi yaitu pelatihan penggunaan google form dan aplikasi quiziz sebagai asesmen hasil belajar. Peserta kegiatan yaitu guru-guru di SMP N 2 Dewantara. Hasil kegiatan diperoleh bahwa peserta yang memahami asesmen digital sebesar 82%, peserta yang dapat mengenal aplikasi asesmen berbasis digital sebesar 62%, peserta yang pernah menggunakan aplikasi asesmen berbasis digital sebesar 29%, peserta yang memanfaatkan aplikasi digital sebagai asesmen sebsar 23%, peserta yang tertarik menggunakan media digital dalam menyusun instrumen asesmen sebesar 88%. Hasil tingkat kepuasan peserta terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat adalah 91% berada pada tingkatan sangat puas terhadap keterlaksanaan kegiatan. Sehinga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi guru sebagai solusi pembelajaran di era new normal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...