Penelitian ini membahas terkait peran atau pentingnya serta bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam proses pendidikan anak baik ketika di rumah maupun di sekolah. Ttujuan penelitian ini yaitu untuk mengulas terkait manfaat home visit bagi guru dan orang tua yaitu untuk memahami tingkat perkembangan dan kendala yang dihadapi oleh anak ketika proses belajar, serta memudahkan dalam mengambil keputusan terkait pengambilan keputusan dalam mencari solusi atas gangguan perkembangan pada anak yang tidak bisa diatasi baik oleh guru maupun orang tua. Hal tersebut menjadi perhatian peneliti karena kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi gangguan perkembangan pada anak yaitu karena terbatasnya informasi yang didapatkan terkait anak. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara secara mendalam. Hasil penelitian ini yaitu kegiatan home visit sangat dianjurkan untuk diterapkan oleh guru pedidikan anak usia dini, karena selain mempererat hubungan silaturahim antara guru dan orang tua, juga bisa membantu guru atau orang tua untuk mengetahui secara detail informasi terkait anak. Sehingga hal tersebut menjadi dasar yang bisa memudahkan dalam mengantisipasi dan mengatasi gangguan perkembangan yang dialami oleh anak
Copyrights © 2022