JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 2, No 3 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

PENGARUH IQ, EQ, PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Purwati Yuni Rahayu (Universitas Lampung)
I Komang Winatha (Unknown)
Nurdin Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2014

Abstract

The aim of this research was to find out the influence of Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), and students perceptions of utilization media on learning outcomes of Economy. The population of this research was the eleventh grade students of SMAN 1 Bandar Lampung and used simple random sampling technique to get the sample. Method of research was asosiatif and used questionnaire as instrument. Technique analysis used simple linier regression and multiple linier regression. The results of research showed, (1) there is an influence of IQ on Economy learning outcomes, (2) there is an influence of EQ on Economy learning outcomes, (3) there is an influence of students' perceptions of utilization of media on Economy learning outcomes, (4) there is an influence of IQ, EQ, and students' perceptions of utilization of media on Economy learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bandar Lampung dan menggunakan tehnik sampel acak sederhana untuk mendapatkan sampel. Metode penelitian adalah asosiatif dan menggunakan angket sebagai instrumen. Teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa, (1) Ada pengaruh IQ terhadap hasil belajar Ekonomi (2) Ada pengaruh EQ terhadap hasil belajar Ekonomi (3) Ada pengaruh Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi (4) Ada pengaruh IQ, EQ, dan Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi. Kata kunci : EQ, hasil belajar, IQ, media.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...