Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 2, No 10 (2014): Jurnal Bioterdidik

KAJIAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI SMA NEGERI DALAM MENGEMBANGKAN SILABUS DAN RPP

Rohim Rochein Kafear (Unknown)
Tri Jalmo (Unknown)
Rini Rita T. Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2014

Abstract

This research was aimed to know the ability of senior high school biology teacher in Pringsewu in developing syllabus, lesson plan and its suitability. The design of the research is simple descriptive. This research involved 15 senior high school biology teacher in Pringsewu. Data used assessment guide of quantitative data and analyzed descriptively. The results of research showed that senior high school biology teacher in Pringsewu had “high” criterian in developing syllabus, lesson plan and its suitability. For lesson plan, indicator competence of pre-activity showed “less” criterian and indicator competence of post-activity showed “low” criterian.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan guru biologi SMA Negeri di Kabupeten Pringsewu dalam mengembangkan silabus dan RPP serta kesesuaian antara silabus dan RPP. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana. Penelitian ini melibatkan 15 guru biologi SMA di Kabupaten Pringsewu. Data menggunakan panduan penilaian dalam bentuk data kuantitatif kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi SMAN Kabupaten Pringsewu dalam mengembangkan silabus dan RPP serta kesesuaian antara silabus dan RPP berkriteria “tinggi”. Pada RPP, di indikator kompetensi kegiatan awal pembelajaran berkriteria “kurang”. dan di indikator kompetensi kegiatan penutup pembelajaran berkriteria “rendah”.Kata kunci : guru biologi, indikator kompetensi, RPP, silabus   

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...