This quasi experimental research aims to know the difference of learning strategy. Population in this research was ten grade students in SMK Muhammadiyah 3 Metro, Lampung in academic year 2013/2014 consist of three classes. The sample were X F, X P3, and X P1 class choosen by using cluster random sampling technique. Based on the analysis of data obtained, the following research finding: there are differences of student’s evaluation value using TC, NHT, and ST, the student’s evaluation value by TC type higher than the NHT, the student’s evaluation value by TC type higher than the ST, the student’s evaluation value by NHT type higher than the ST.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Metro, Lampung Tahun Pelajaran 2013-2014 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X F, X P3, dan X P1 yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan sebagai berikut: diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran TC, NHT, dan ST. hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TC lebih tinggi dibandingkan tipe NHT, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran TC lebih tinggi dibandingkan model ST, hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan model ST. Kata kunci: hasil belajar, NHT, ST, TC
Copyrights © 2014