Zakiyah Anwar, RuslanPM FKIP UMS, PBI FKIP UMS1zakiyahanwar3377@mail.com, 2ruslanruse89@gmail.com, AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually Kinesthetic (SAVIK) yang valid, praktis dan efektif. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), design penelitian ini menggunakan desing menurut Richey and Klein yaitu Planning (Perancangan), Production (memproduksi), Evaluation (evaluasi). Sampel penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini memiliki produk yaitu Modul Model Pembelajaran SAVIK. Dari hasil validasi dan uji coba, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan model pembelajaran SAVIK telah memenuhi kevalidan sebesar 3,8 , kepraktisan yaitu angket respon guru sebesar 78% dan keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata 3,3 dan keefektifan yaitu hasil belajar sebesar 80% sedangkan angket respon siswa sebesar 75%.dan berdasarkan implementasi model pembelajaran SAVIK menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80% atau 25 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Uji-t diperoleh  adalah 4,288 sedangkan untuk  adalah 1,699 dengan nilai df = n-1 = 29. Karena  yaitu 4,288 1,699 hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang nilainya diatas KKM (60,0).Â
Copyrights © 2016