Sejarah pendidikan pada dasarnya berawal dari rumah dan masjid sebagai pembekalan asas mengenai ke-Islaman. Sedangkan pendidikan sebagai warisan Islam pengukuhannya dimulai dari zaman Rasulullah SAW, berlanjut ke zaman Khulafau al-Rasyidin, Tabi’in, Tabi’ tabi’in, kemudian masuk pada era terbentuknya madzhab-madzhab fikih pada abad ke-2 Hijriah dan seterusnya, pendidikan berkembang menurut jalur madzhab yang ada. Karena itu perkembangan madzhab bisa juga dianggap sebagai madrasah dan pondok pesantren. Pada masa ini puncak keilmuan mengerucut pada dua subjek kajian mendasar yaitu fikih dan ushul fikih. Pendidikan terus berjalan mengikut pola tertentu di dunia pendidikan Islam, berakar dari Madrasah Nizamiyah yang trennya mengarah kepada penggabungan empat madzhab dalam satu madrasah. Tetapi setelah masuknya penjajah ke negeri-negeri Muslim maka masuklah kurikulum pendidikan modern ke dunia Islam yang banyak melahirkan keragaman pola yang berdampak permasalahan serius di dunia Islam. Oleh karena itu, melalui tulisan ini kami mencoba mengangkat pendidikan ini sebagai warisan Islam dilihat dari perspektif sejarah yang panjang agar ianya dapat menjadi asas penting sebagai landasan tepat yang perlu diambil oleh kaum Muslimin selain dapat menghasilkan statemen pengajaran dan pembelajaran yang berwibawa dan berkualitas tinggi di balik tabir ungkapan sejarah dari zaman ke zaman. Â
Copyrights © 2018