Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 7 No. 2 (2018): Desember

Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Extrovert

Balqis Husain (Universitas Pasifik Morotai)
Ibrahim Ibrahim (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar bahasa inggris siswa ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan extrovert pada siswa SMA di Kabupaten Pulau Morotai. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA di Kabupaten Pulau Morotai, yang tersebar lima kecamatan. proses penentuan sampling dilakukan dengan menggunakan table Krejchie-Morgan, maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 174 dari jumlah keseluruhan populasi adalah 323 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua instrument yaitu:1) Questioner untuk mengukur tipe kepribadian siswa. 2) Dokumentasi  hasil belajar siswa selama satu semester. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa 10% siswa dengan tipe kepribadian introvert maupun extrovert belum mampu mencapai criteria minimum KKM pada mata pelajaran bahasa inggris. Siswa dengan kepribadian introvert maupun extrovert tidak memiliki perbedaan terhadap capaian hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...