Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 8 No. 2 (2019): Desember

Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode Blended Learning pada Mata Kuliah Geometri Analitik di Universitas Muhammadiyah Sorong

Rahmatullah Bin Arsyad (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Muh. Fathurrahman (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Geometri Analitik dengan Metode Belended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action receach) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan,  pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni – Juli 2019. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah geometri analitik di universitas muhammadiyah sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya mahasiswa yang tuntas pada pembelajaran geometri analitik setelah diberikan tindakan pada siklus I sebanyak 43% dan mengalami peningkat pada siklus II sebesar 86%. Sama halnya dengan hasil belajar, peningkatan terjadi juga pada hasil observasi peningkatan motivasi pembelajaran mahasiswa pada materi geometri analitik, frekuensi indikator bertanya sebesar 76%, menjawab sebesar 67%, memberi pendapat sebesar 67%, bekerja sama sebesar 90%, dan minat sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa motivasi belajar geometri analitik mahasiswa mengalami peningkatan setelah diterapkan metode belajar blended learning.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...