JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 2, No 3 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

PENGARUH PERSEPSI SISWA PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR, SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Ana Rinjani (Universitas Lampung)
Yon Rizal (Unknown)
Nurdin Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2014

Abstract

The aim of this research is to determine the student perception influence of study facilities usage at school and student attitudes on the subject of IPS Terpadu towards student learning outcome for IPS Terpadu. The method used in this research was verificative descriptive method with ex post facto approach. The number of population in this research was 188 students. Samples used in this research was 128 students. Data collection techniques used were obsevation, interview, documentation and questionnaire. Based on data analysis obtained research results show that: (1) there is student perception influence of IPS Terpadu usage at school towards student learning outcome for IPS Terpadu. (2) there is influence of student attitudes on the subject of IPS Terpadu towards student learning outcome for IPS Terpadu. (3) there is influence of student perception about study facilities usage at school and student attitudes on the subject of IPS Terpadu towards student learning outcome for IPS Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah  metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 188 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah128 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (kuisioner). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (2) Ada pengaruh sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap hasil belajar IPS Terpadu.Kata Kunci: hasil belajar, fasilitas, sikap siswa

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...