Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi akademik Fakultas IlmuSosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif denganmenggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisisdeskriptif.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.Penelitian inimengunakan teori Zeithaml dkk (2011:46-47) menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayananadministrasi akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura sudah cukupoptimal. Kondisi ini dilihat dari berbagai aspek. Hasil penelitian adalah : (1) fisik (tangible), Bagianpelayanan administrasi akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura sudahmemenuhi fasilitas pelayanan yang memadai untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa. (2)kehandalan (reliability), Mahasiswa merasa puas dengan pelayanan yang di berikan karena kehandalanpetugas pelayanan dalam menangani setiap keluhan mahasiswa, handal dalam segi waktu dan ketepatanproses pelayanan (3) daya tanggap (responsiveness), petugas dalam hal kemampuan berkomunikasi yangada sudah sangat membantu pelayanan bagi mahasiswa yang bingung dengan pelayanan (4) jaminan(assurance), faktor keamanan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura telahmemberikan rasa aman bagi mahasiswa yaitu dengan menempatkan Satuan Pengamanan dan fasilitasCCTV disetiap sudut kampus.(5) empati (empathy), Empatiyang diberikan petugas pelayananadministrasi akademik memberikan kesan yang menyenangkan karena adanya sikap petugas yangproaktif dalam menjelaskan prosedur pelayanan dan menerima kritik mapun saran dengan sepenuh hatisebagai interopeksi untuk layanan yang lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021