Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature

Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Make a Match Siswa Kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar

Ibrahim Murdianto (Universitas Negeri Makassar)
Ambo Dalle (Universitas Negeri Makassar)
Arief Fiddienika (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana perencanaan serta proses dan hasil perolehan data dari pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui model make a match. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar, yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil rata-rata siswa 53,66% (Pre-test), dan rata-rata siswa  79% (Siklus I) kemudian meningkat menjadi 97,33% (Siklus II). Dengan demikian hasil dari pembelajaran make a match pada pos-test siklus II dapat dikatakan berhasil meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab melalui model pembelajaran make a match siswa kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Fashahah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Fashahah is published by the Arabic Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object of ...