Indonesian Community Journal
Vol 2 No 2 (2022): I-Com: Indonesian Community Journal (Agustus 2022)

Pendampingan Strategi Digital Marketing Menggunakan E-Commerce Shopee pada Komunitas PAC Fatayat NU Batanghari Lampung Timur

Putri Nurhayati (Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung)
Ambariyani (Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung)
Ahmad Muslimin (Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung)
Ikhwan Aziz Q (Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung)
Muhammad Diki Maulana (Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung)
Vera Ismail (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Electronic commerce (E-commerce) dapat digambarkan sebagai proses bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan sebuah transaksi melalui internet. Keuntungan menggunakan  media e-commerce Shopee memudahkan pelaku usaha untuk melakukan pemasaran dengan mudah dan murah, menjangkau konsumen tanpa batas dan potensi pertumbuhan usaha di masa yang akan datang. Pada komunitas Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Batanghari marketing menggunakan sistem word of mouth dan hanya kepada lingkungan sekitar sehingga belum menggunakan marketing secara digital/online. Pendampingan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada masyarakat khususnya komunitas PAC Fatayat NU Batanghari dalam membuat toko online dan bagaimana cara mengaplikasinya untuk kegiatan jual beli secara online di e-commerce  Shopee. Metode dalam program pendampingan ini menggunakan metode Asset Based Communities Development (ABCD) yaitu teori yang mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang ada di sekitar  yang dimiliki oleh komunitas PAC Fatayat NU Batanghari. Hasil dari kegiatan pendampingan PKM pada komunitas PAC Fatayat NU Batanghari telah menghasilkan sebuah toko online di aplikasi Shopee untuk masing-masing anggota yang mana toko pada aplikasi Shopee tersebut digunakan sebagai alat transaksi jual beli barang produksinya. Produk-produk yang telah diciptakan tersebut berupa hasil kerajinan tangan seperti home decor, seblak kering serta produk-produk bermerek lainnya yang bisa dijual secara bebas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

i-com

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

I-Com: Indonesian Community Journal, merupakan jurnal yang menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ...