Journal of Social Science Education
Vol 3, No 1 (2022): Vol 3, No 1 (2022) Journal of Social Education

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA YANG BERKEPRIBADIAN EKSTROVERT DENGAN INTROVERT DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 8 B.LAMPUNG TH 2020/2021

Herlina Herlina (Universitas Lampung)
Maskun Maskun (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Kepribadian yang sering mempengaruhi kehidupan manusia khususnya siswa dalam pembelajaran yaitu berupa kepribadian introvert dan ekstrovert Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang berkepribadian ekstrovert dan berkepribadian introvert. (2) Untuk mengetahui perbandingan pencapaian hasil belajar sejarah antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dengan siswa yang berkepribadian introvert pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi terhadap mata pelajaran sejarah.(3) Untuk mengetahui perbandingan pencapaian hasil belajar sejarah antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dengan siswa yang berkepribadian introvert pada siswa yang memiliki minat belajar rendah terhadap mata pelajaran sejarah (4) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara kepribadian dengan minat belajar terhadap mata pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini bersifat eksperimental semu (quasteksperiment design). Populasi dalam penelitian ini adalah      siswa kelas XI IPS SMA N 8 B.Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas XI IPS. Hasilteknikcluster random samplingdiperolehkelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 sebagai sampel. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan nilai tes. Analisis data menggunakan t-test dua   sampel independen dan analisis varians dua jalan. Hasil penelitian dapatkan (1) Adanya perbedaan hasil belajar peserta didik, siswa yang berkepribadian ekstrovert mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan siswa yang berkepribadian introvert. (2) Hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa ekstrovert lebih unggul dibandingkan siswa introvert. (3) Hasil belajar sejarah siswa pada perlakuan eksovert lebih tinggi dengan minat belajar yang rendah daripada kelas introvert dengan minat belajar yang tinggi. (4) Hasil penelitian ini terdapat interaksi antara perlakuan kepribadian dengan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah. Pada kelas dengan perlakuan ekstrovert para peserta didik memiliki keaktifan dan berinteraksi selama proses belajar mengajar secara objektif yang mempengaruhi kepribadiannya sedangkan pada kelas dengan perlakuan introvert lebih dalam pada keadaan mental dan sikap diri peserta didik itu sendiri, dan minat belajar di kedua kelas cukup tinggi sehingga memberikan pengaruh pada keperibadian peserta didik. Kata Kunci : Kepribadian Introvert dan Ekstrovert, Pelajaran Sejarah 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Social Education Sciences provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be examined empirically. This journal discusses research in social education, including learning, teaching, curriculum development, ...