JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 2, No 2 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ayu Wulan Sari (Universitas Lampung)
Raden Gunawan Sudarmanto (Universitas Lampung)
Nurdin nurdin (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2014

Abstract

This study have a purpose to know: 1) difference result of study IPS through cooperative learning Scaffolding (Team Games Tournament) with NHT (Number Head Together). 2) effectivity result of study IPS which using cooperative learning TGT more higher than NHT. This study used an experimental method with a comparative approach. Data collecting tool is in the form of a multiple choice test of 25 questions for 72 students. The results showed: a) there are differences in the results of IPS Terpadu learning through cooperative learning TGT (Team Games Tournament) model with NHT (Number Head Together). This is indicated by the obtained Sig. of 7,152 1,997. b) effectivity learning outcomes using cooperative learning type TGT (Team Games Tournament) more higher than NHT (Number Head Together). It is showes premises 17,69 7,87.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan NHT (Number Head Together). 2) efektivitas hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) lebih tinggi dibandingkan NHT (Number Head Together). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal kepada 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh Sig. sebesar 7,152 1,997. b) efektivitas hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT. Hal ini ditunjukkan dengan 17,69 7,87.Kata kunci : hasil belajar, TGT, NHT.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...