JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 1 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 1 MEI 2022

Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo

Fatma A Kuengo (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Hapsawati Taan (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Djoko Lesmana Radji (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
16 May 2022

Abstract

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian khususnya produk mobil adalah merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada Honda Brio Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Metode penelitian jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Honda Nengga Mobilindo berjumlah 374 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel sebanyak 68 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif inferensial regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Citra merk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Honda Brio Kota Gorontalo. Hal ini berarti bahwa apabila citra merk mobil Honda Brio semakin baik maka akan berdampak pada tingginya tingkat keputusan pembelian konsumen pada Honda Brio Kota Gorontalo. (2) Harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Honda Brio Kota Gorontalo. Hal ini menunjukkan bahwa semakin bersaing harga dari produk mobil Honda Brio maka keputusan pembelian konsumen akan semakin tinggi pula. (3) Citra merk dan harga produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian pada Honda Brio Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 69,70%. Sedangkan sisanya sebesar 30,30% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti promosi, lokasi, kualitas produk dan pelayanan purna jual produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...