Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama bagaimana gambaran fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi, 2 bagaimana gambaran motivasi belajar VII di SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi, 3) apakah ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar di SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi, selama satu bulan, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan siswa kelas VII.2 berjumlah 72 siswa yang disebar adalah sebanyak 20 lembar kuesioner ke 20 siswa kelas VII,dengan pengambilan sampel secara acak. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan angket, analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial, pengolahan data menggunakan Software SPSS Versi 22, yang di uji 2 variabel yang terdiri dari variabel fasilitas belajar (X) sebagai variabel independen dan variabel motivasi belajar (Y) sebagai variabel devendent, dengan hasil uji validitas dan Reabilitas r hitung terkecil 0,630., r hitung terbesar 0,870 > r tabel yaitu ,0,870 > 0,468 dengan memakai rumus tabel df = N-2 maka dengan hasil tersebut data–data kuesioner tersebut dinyatakan valid. Uji Reliability Statistics dengan Cronbach's Alpha > r tabel ( 0,899 >0,468 ) dengan demikian kuesioner yang dipakai adalah reliable, uji hipotesis regresi yaitu untuk mengetahui pengaruh dari variabel X ke variabel Y ,terpengaruh apa tidak yaitu dengan Analisis regresi linier yang digunakan untuk menguji pengaruh satu variabel bebas terhadap variabel terikat dengan syarat valid dan reliable, hasil uji regresi yaitu : Membandingkan nilai signifikansi dengan nilai Probabilitas 0,05.
Copyrights © 2022