Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media permainan berbasis sains di kelompok B TK Al-Usmani Samarinda.Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B3 TK Al-Usmani Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan lima kali tindakan dalam satu siklus dengan empat tahapan: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah 17 anak usia 5-6 tahun. Data penelitian diperoleh dari pengumpulan instrument melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.Hasil penelitian peningkatan kemampuan kognitif anak setelah dilakukan analisa data pada empat aspek penilaian yakni; mengamati, memprediksi, mengklasifikasi dan mengkomunikasikan terlihat ke empet aspek tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dimana aspek mengamati dan mengklasifikasi secara keseluruhan anak mampu melakukannya, sedangkan aspek memprediksi dan mengkomunikasikan sebagian anak memiliki kemampuan yang rendah. Namun kemampuan kognitif anak secara keseluruhan pada prapenelitian mencapai 51%, siklus I mencapai 71% dan siklus II mencapai 80%. Metode bermain berbasis sains merupakan metode yang sangat tepat diterapkan dalam peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun.
Copyrights © 2022