Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
VOL 4, NO 1 (2017): MARET

PENGARUH FAST INTERVAL TRAINING DAN SLOW INTERVAL TRAINING PADA LACTATE THRESHOLD DAN PERFORMA LARI 1500 METER

Iki Afrianda (Departemen Pendidikan Olahraga, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)
Eka Nugraha (Unknown)
Hamidie Ronald D.R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari dua bentuk latihan interval terhadap lactate threshold (LT) dan waktu tempuh lari 1500 m. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. yang dilakukan melalui teknik sampling jenuh. 12 pelari remaja (6 putra dan 6 putri) dikelompokkan secara matching. Kelompok latihan interval melakukan fast interval training (FIT) dengan durasi 30 detik, dengan 4-5 pengulangan dan 4 menit istirahat. Intensitas Average 1500m running velocity sebesar 120% AV. Sedangkan kelompok latihan interval melakukan slow interval training (SIT) dengan durasi ≥ 2 menit. Pengulangan dilakukan sebanyak 6-10, dan 3 menit istirahat pada intensitas 110% dari LT. Data penelitian diperoleh melalui the modified conconi test dan tes lari 1500 m. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara SIT dan FIT terhadap LT (p=0.029) dan waktu tempuh lari 1500 m (p=0.004). LT berkorelasi dengan waktu tempuh lari 1500 m pada kedua kelompok latihan, yaitu SIT (r =-0.942) dan FIT (r = -0.942). Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa SIT memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap LT dan waktu tempuh lari 1500m dibandingkan dengan FIT. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa SIT merupakan strategi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan LT dan memperbaiki waktu tempuh lari 1500 m untuk periode latihan selama 4 minggu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...