Ensiklopedia of Journal
Vol 4, No 2 (2022): Vol 4 No. 2 Edisi 1 Januari 2022

RELEVANSI PEMIKIRAN HUMANISME TERHADAP KONSEP MERDEKA BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Yepi Herpanda (Universitas Negeri Padang)
Neviyarni S Neviyarni S (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Pemikiran pendidikan humanism adalah konsep pendidikan yang menjunjung tinggi nilai dan martabat manusia yang menempati posisi sangat penting, baik dalam perenungan teoritis filsafat maupun dalam praktek hidup sehari-hari. Hal tersebut sejalan dengan konsep merdeka belajar dimana merdeka belajar akan berjalan dengan baik apabila pelaku pendidikan dapat melihat jauh aspek filosofis sebagai landasan terbentuknya, karena sebuah konsep pendidikan dapat dikatakan sebagai aplikasi pemikiran filosofis. relevansi pemikiran humanism dan konsep merdeka belajar dalam pembelajaran yaitu pembelajaran akan terlaksana baik jika pelaku pendidikan dapat melihat jauh aspek filosofis sebagai landasan terbentuknya, karena sebuah konsep pendidikan dapat dikatakan sebagai aplikasi pemikiran filosofis dalam hal ini pemikiran humanism. Implikasi relevansi pemikiran humanism dan konsep merdeka belajar dalam pembelajaran melibatkan beberapa komponen yaitu: tujuan pendidikan, materi, guru, siswa, metode, media dan evaluasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ensiklopedia

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Ensiklopeda of Journal mendorong seluruh ahli hukum, sosial, politik, bahasa, dan ilmu pendidikan untuk turut berkontribusi melalui artikel dan/atau book review. Ensiklopeda of Journal terbit tiap 1 Kali per 3 bulan, dalam satu volume, yakni di bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Ensiklopeda of ...