Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kesiapan mental, dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel sebanyak 134 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non-tes. Instrumen yang digunakan yaitu angket kecerdasan emosional, angket kesiapan mental, angket efikasi diri, dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kesiapan mental, dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa melalui efikasi diri, dan kesiapan mental berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa melalui efikasi diri.Kata Kunci: kecerdasan emosional, kesiapan mental, efikasi diri, hasil belajar matematika siswa.This study was conducted to determine the influence of emotional intelligence, mental readiness and self-efficacy on the results of learning mathematics students of grade XI IPA SMA. The sampling technique in this study used a simple random sampling with samples was 134 students. Data collection techniques used the test and non-test instruments. The instruments used were emotional intelligence questionnaire, mental readiness questionnaire, self-efficacy questionnaire, and math study result test. The data of the research results were analyzed with descriptive statistical analysis and inferential statistics with path analysis. The results showed that emotional intelligence, mental readiness, and self-efficacy positively effects on students’ math learning outcomes, emotional intelligence positively effects on students’ math learning outcomes through self-efficacy, and mental readiness positively effects on students’ math learning outcomes through self-efficacy.Keywords: emotional intelligence, mental readiness, self-efficacy, learning mathematics students
Copyrights © 2022