Journal of Islamic Education Management
Vol. 1 No. 1 (2020)

Pengaruh Sistem Informasi SLIMS Terhadap Manajemen Kemudahan Penggunaan Layanan di Perpustakaan IAIN Kediri

Puspoko Ponco Ratno (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Ana Ulin Nadhirin (Institut Agama Islam Negeri Kediri)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Kemajuan teknologi khususnya di bidang IT pada saat ini berkembang cukup pesat. Salah satu manfaat yang didapatkan dari adanya perkembangan teknologi IT ini adalah adanya kemudahaan penggunaan dalam suatu sistem / unit. SliMS (Senayan Library Management System) merupakan salah satu bentuk sistem dari adanya perkembangan IT, yang diharapkan dapat membantu peningkatan manajemen pelayanan di suatu perpustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen kemudahan penggunaan dari sistem informasi SliMS berdasarkan persepsi kemudahan pengguna (Perceived Easy of Use) di Perpustakaan IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dimana variabel dari penelitian ini adalah sistem informasi SliMS (X) sebagai variabel independen dan kemudahan penggunaan (Y) sebagai variabel dependen. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa MPI IAIN Kediri berjumlah 110 dengan sampel berjumlah 86, sesuai tabel sampel Krejcie Morgan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan memakai Skala Likert. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana didapatkan bahwa sistem informasi SLiMS (X) memiliki pengaruh positif terhadap kemudahan penggunaan (Y) dengan total pengaruh sebesar 14,9%, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi SliMS memiliki peranan dalam peningkatan layanan yang ada di perpustakaan IAIN Kediri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joiem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Aims and Scope JoIEM: Journal of Islamic Education Management is a research journal focuses on Islamic education management with the scope limited to the various dimensions including: leadership in education organizational culture education management functions the substance of education management ...