Journal of Islamic Education Management
Vol. 1 No. 1 (2020)

Penggunaan Aplikasi OPAC untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Perpustakaan

Achmad Agung Nugroho (Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II)
Niken Ayu Isnainy (Institut Agama Islam Negeri Kediri)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Aplikasi OPAC merupakan salah satu bagian dari inovasi di perpustakaan. Sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dimanfaatkan untuk mencari informasi tentang koleksi buku-buku di perpustakaan atau unit lainnya yang mampu diakses dengan cara online ini dinamakan sebagai aplikasi OPAC (Online Public Access Catalogue). Aplikasi OPAC memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan sehingga banyak perpustakaan yang memilih menggunakan aplikasi tersebut. Penerapan OPAC diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan, yaitu dari segi pelayanan yang disediakan bagi pemustaka agar pemustaka benar-benar terbantu saat menelusuri koleksi di perpustakaan. Penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi OPAC di perpustakaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan atau sebaliknya. Tujuannya untuk menjelaskan tentang dampak pengaruh penggunaan OPAC terhadap kualitas pelayanan di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana data didapatkan dengan menyebarkan angket berupa pertanyaan-pertanyaan tertutup. Sampel yang di ambil adalah pengunjung perpustakaan. Penelitian ini membuahkan hasil yang menyatakan bahwasanya mayoritas pengunjung perpustakaan lebih terbantu ketika terdapat aplikasi OPAC. Jadi, penggunaan aplikasi ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas manajemen pelayanan perpustakaan terutama dalam pengelolaan bahan pustaka dengan menyajikan informasi-informasi yang jelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joiem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Aims and Scope JoIEM: Journal of Islamic Education Management is a research journal focuses on Islamic education management with the scope limited to the various dimensions including: leadership in education organizational culture education management functions the substance of education management ...