Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 5, No 1 (2022): (Mei) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI HUKUM DASAR KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK PGRI PONTIANAK

Candra Candra (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan Pontianak)
A Ifriani Harun (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan Pontianak)
Rini Muharini (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan Pontianak)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran Hukum Kimia Dasar. Bentuk penelitian ini adalah rancangan eksperimen sejati. Sampel penelitian adalah kelas X TSM sebagai kelas eksperimen, kelas X TKR sebagai kelas kontrol dengan purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar, wawancara, dan lembar observasi. Hasil belajar dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan LKPD model Numbered Heads Together dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Pembelajaran dengan NHT berbantuan LKPD memiliki pengaruh sebesar 42,51% dengan kategori tinggi (Effect Size = 1,44) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X TSM SMK PGRI Pontianak pada materi hukum kimia dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...