BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra
Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021

Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Bima

Rohani Rohani (SMPN 5 Kota Bima, NTB, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 May 2021

Abstract

tahap, yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 25 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah jika nilai prestasi belajar siswa di atas KKM yaitu 70 dan target ketuntasan belajar 85%. Maka berdasarkan hasil analisis data dan pembahasa menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan belajar pada prasiklus yaitu 40%, siklus I yaitu 52% dan siklus I yaitu 88%.  Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70% dan siklus II yaitu 93%. Selain itu, aktivitas guru juga meningkat secara signifikan dari 80% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Prediction Guide dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa  kelas kelas VIII SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Bahtra

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan ...