SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 18, No 2 (2022): SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis

ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG WISATA ROWO JOMBOR, BAYAT, KLATEN

Azizah Nurkhalifah (Universitas Gadjah Mada)
Muhammad Hafiz Rahman Hakim (Universitas Gadjah Mada)
Nabilla Risya Claudya Syaefudin (Universitas Gadjah Mada)
Amanda Irbah (Universitas Gadjah Mada)
Sulistiawan Fajar Nugroho (Universitas Gadjah Mada)
Evlis Erliyani (Universitas Gadjah Mada)
Titi Esti Ning Budi Raihani (Universitas Gadjah Mada)
Hannan Revi Hermawan (Universitas Gadjah Mada)
Caesarean Fadhilah Putri (Universitas Gadjah Mada)
Rey Pingkan Pradita (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Rowo Jombor merupakan salah satu wisata di Kabupaten Klaten yang memiliki peran multifungsi. Untuk mengetahui keadaan objek wisata Rowo Jombor maka dilakukan penelitian analisis valuasi ekonomi dengan metode willingness to pay (WTP). Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui karakteristik pengunjung objek wisata Rowo Jombor dan analisis WTP pengunjung obyek wisata Rowo Jombor. Selain itu, penelitian ini menggunakan data primer kemudian dianalisis dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel yang memengaruhi nilai WTP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pengunjung objek wisata Rowo Jombor yang didominasi oleh pengunjung berjenis kelamin perempuan sebesar 54,2%, berpendidikan SMA sebesar 56,3%, dan berpenghasilan di bawah Rp2.000.0000,00 sebesar 62,5%. Selain itu, berdasarkan analisis statistik, diperoleh nilai WTP. dari objek wisata Rowo Jombor sebesar Rp5.117,00 serta diperoleh variabel tingkat pendapatan dan biaya perjalanan tidak berpengaruh terhadap nilai WTP tersebut sehingga semua pengunjung dari berbagai karakteristik bersedia membayar dengan nilai yang relatif sama.

Copyrights © 2022