Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan

MANAJEMEN MARKETING JASA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Sugeng Lubar Prastowo (Universitas Islam Syekh Yusuf)
Bagus Manunggal (Universitas Islam Syekh Yusuf)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Teknologi informasi digital menjadi media digital marketing bagi lembaga jasa pendidikan, dalam memperkenalkan sekaligus memperbaiki citra pendidikan. Melalui pemasaran digital, calon konsumen akan mengenal, dan tertarik untuk lebih mengetahui lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini berfokus pada strategi marketing yang digunakan untuk meningkatkan citra pendidikan pada lembaga pendidikan, serta menjelaskan platform digital marketing apa yang strategis untuk meningkatkan minat masyarakat memilih tempat pendidikan yang ditawarkan. Metode penelitian menggunakan literature review, dengan sumber analisis dari artikel-artikel jurnal ilmiah yang bereputasi. Hasil analisis ditarik kesimpulan, bahwa pemasar jasa pendidikan sebaiknya melakukan identifikasi terlebih dahulu atas permasalahan, kebutuhan, keinginan dan potensi masyarakat, kemudian melakukan segmentasi pasar, targeting, dan positioning pada produk jasa pendidikan. Pemasaran jasa pendidikan dilakukan dengan teknik pemasaran yang dikenal dengan bauran pemasaran 7P, yaitu penentuan produk (product), harga (price), lokasi (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) E-ISSN: 2597-8659 is an open-access scientific journal published online through the Open Journal System. JMP published biannually, June and December by Magister Program and Doctoral Program of Education Management Universitas Negeri Jakarta. Its aim is to publish ...