Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis antara tiga kelompok gaya belajar (visual, auditori dan kinestetik) pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 19 Kendari tahun pelajaran 2020/2021 semester genap yang terdistribusi dalam 3 kelas paralel. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kendari. Karena dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian, maka dapat juga disebut penelitian populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa angket gaya belajar, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Hasil analisis data diperoleh dengan menggunakan pengujian hipotesis uji anova satu jalur didapatkan hasil bahwa ada perbedaan rata-rata antara ketiga kelompok gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kendari
Copyrights © 2022