Menulis sebagai materi pembelajaran dapat berupa beberapa bentuk, namun yang sering membuat siswa kesulitan adalah puisi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku panduan menulis puisi menggunakan model mind mapping pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan model Research and Development. Tahapan penelitian ini mengacu pada Borg dan Gall yang terdiri dari 9 tahapan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba terbatas; (5) revisi untuk uji coba produk utama; (6) uji coba lapangan; (7) revisi untuk uji coba produk operasional; (8) uji coba produk operasional; dan (9) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20  siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis independent sample t-test dengan SPSS 17.0. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan menulis puisi yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah menengah pertama. Sedangkan hasil validasi dapat diketahui bahwa rerata skor validasi ahli secara total adalah 3,2 dengan persentase 66,4%. Hasil ini termasuk dalam kategori cukup layak. Deskripsi hasil validasi ahli ini adalah: 1) hasil validasi ahli materi rerata skor adalah 3,8 atau 76,9% dengan kategori layak; 2) hasil validasi ahli desain skor adalah 2,6   atau 52,3% dengan kategori cukup layak; dan 3) hasil validasi ahli bahasa skor adalah 3,2 atau 64,4% dengan kategori cukup layak. Pada aspek kepraktisan yang didapatkan dari hasil angket siswa kelas VII SMPN Nurul Huda Pajaran rerata skor adalah 3,4 atau nilai respon siswa sebesar 85,9% yang termasuk pada kriteria sangat praktis. Sedangkan pada aspek keefektifan hasil penguasaan materi siswa 86,9 % siswa telah memenuhi nilai ketuntasan minimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022