Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 9, No 1, April (2022)

IMPLEMENTASI HUMANISME TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA CYBERCULTURE

Fuadi Fuadi (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Pada era cyberculture saat ini, manusia telah dibanjiri dengan informasi sebagai dampak dari perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan menggunakan media digital sebagai perangkatnya. Di sisi lain, dunia pendidikan telah mengalami reformasi di mana pendidikan karakter menjadi asas terpenting dalam membentuk sumber daya manusia, sehingga dapat menumbuhkan kemampuan intelektualnya yang berkarakter religius. Karakter religius sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas terutama di kalangan tingkat mahasiswa dalam menghadapi perubahan zaman yang penuh dengan degradasi moral, dalam hal ini diharapkan mampu memiliki dan berprilaku dengan ukuran baik dan buruk yang didasarkan pada ketentuan dan ketetapan agama Islam. Jika dilihat dari tujuan pendidikan humanis yang memusatkan perhatiannya untuk memajukan potensi manusia, dengan mengedepankan pendekatan yang berperikemanusiaan dalam dunia pendidikan, maka di era cyberculture saat ini masih relevan diimplementasikan, lebih-lebih lagi dalam memperkuat karakter religius di tingkat mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Metode analisis dalam penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang umum digunakan yaitu kuesioner berupa google form. Hasil penelitian disimpulkan dari 371 responden mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry menyatakan 85% telah mampu mengerti, memahami, dan mengimplementasikan nilai-nilai pembentukan karakter berbasis humanis pada era cyberculture secara signifikan sesuai pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan lima (5) nilai utama sebagai prioritas di dalam pembentukan karakter, yaitu Religius, Moral, Mandiri, Gemar Membaca dan Integritas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...