Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh skillastics game terhadap perkembangan social skill pada anak sekolah dasar. Metodologi penelitian menggunakan true experimental design dengan desain the randomized pretest- posttest control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing kelompok terdiri dari 42 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur social skill adalah social skill assessment-elementary school age yang dikembangkan oleh Ellen McGinnis dan Arnold R Goldstein (2006). Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk perkembangan social skill di perkotaan dan pedesaan ( 3,3810; -0,1429; 1.1905; 1,6429) dengan nilai F= 6,251(0,000) (P 0,05). artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari skor rata-rata perkembangan social skill antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam kata lain bahwa skillastic game memberikan pengaruh terhadap perkembangan social skill, ditandai dengan kerjasama, interaksi, dan rasa tanggung jawab dibandingkan kelompok kontrol.This study aims to examine the effect of skillastic games on the development of social skills in elementary school children. The research methodology uses a true experimental design with the randomized pretest-posttest control group design. The research sample was the fifth grade elementary school students who were divided into two groups, namely the experimental group and the control group, each group consisting of 42 students. The sampling technique used is simple random sampling. The instrument used to measure social skills is the social skill assessment-elementary school age developed by Ellen McGinnis and Arnold R Goldstein (2006). The results showed that the average score of the experimental group and the control group for the development of social skills in urban and rural (3.3810; -0.1429; 1.1905; 1.6429) with a value of F = 6.251(0.000) (P 0.05). it means that there is a significant difference in the average score of social skill development between the experimental group and the control group. In other words, skillastic games have an influence on the development of social skills, marked by cooperation, interaction, and a sense of responsibility compared to the control group.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021