ABSTRAK Bahan ajar merupakan bagian dari kelangsungan pembelajaran. Bahan ajar haruslah berwujud seperangkat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang dapat merangsang timbulnya peristiwa belajar. Bahan ajar harus dengan rincian isi, 1) disebut fakta bila berisi sesuatu yang harus diingat, 2) berupa konsep apabila berupa defisini serta ciri khas, 3) disebut prosedur apabila berisi penjelasan langkah-langkah kegiatan, 4) disebut prinsip apabila berisi penjelasan tentang hubungan antara beberapa konsep. Melalui media picture mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi diharapkan peserta didik mampu menulis teks biografi dengan media picture mapping dengan benar. Peserta didik diharapkan mulai mengembangkan kreativitasnya dalam menyusun teks biografi. Penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik merupakan sebuah tantangan dalam penyusunannya. Bahan ajar harus dikolaborasikan dengan metode, teknik yang tepat untuk menghasilkan sebuah bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan.Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa bahan ajar menulis teks biografi dengan media picture mapping yang dikembangkan terbukti efektif membantu peserta didik dalam pembelajaran menulis teks biografi sesuai dengan struktur dan kaidah penulisan yang berlaku. Dilihat dari hasil ketercapaian ketuntasan belajar, hasil tes menulis peserta didik menunjukkan bahwa pada saat menggunakan bahan ajar menulis teks biografi dengan media picture mapping sebanyak 72,31 % peserta didik mendapat nilai diatas KKM. Artinya, bahan ajar ini sangat membantu dalam pemerolehan ketuntansan belajar peserta didik.Kata kunci: Teks Biografi, Menulis, Picture Mapping
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022