MALIH PEDDAS
Vol 12, No 1 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 1

PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI WORKSHOP MEDIA KAHOOT DI SDN WONOTINGAL KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG

Darsimah, Darsimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi profesional guru SD Wonotingal dalam menggunakan program Kahoot dalam kegiatan pembelajaran melalui pelatihan membuat Kahoot. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), dalam penelitian tindakan sekolah, kepala sekolah secara reflektif dapat menganalisis, mensintesis, terhadap apa yang dilakukan di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Metode pengumpulan data dengan observasi dan metode dokumentasi. Peningkatan kompetensi  guru dalam menggunakan Kahoot sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Terdapat peningkatan kompetensi  guru dalam membuat dan menggunakan Kahoot sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Sebelum pemberian tindakan kemampuan guru hanya terdapat 8 guru (26%) dalam kategori baik dan  23 guru  (74%) dalam kategori cukup. Pada siklus I meningkat menjadi 23 guru (74%) dalam kategori baik dan 8 guru  (26%) dalam kategori cukup. Siklus II mengalami peningkatan menjadi 16 guru (52%) yang mengikuti pelatihan dalam kategori sangat baik, dan 15 guru (48%) pada kategori baik. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Workshop Media, Kahoot

Copyrights © 2022