G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan
Vol 6 No 2 (2022): G-Tech, Vol. 6 No. 2 Oktober 2022

Game Edukasi untuk Anak Tunagrahita Berbasis Android pada Materi Perkalian Berdasarkan Aspek Gender Equity dan Social Inclusion (GESI)

Ferawati (Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global)
Fiqih Hana Saputri (Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran game edukasi Fun Math materi perkalian untuk anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yaitu: define, design, develop and disseminate. Analisis data untuk mendapatkan kelayakan game Fun Math  indikator yang dinilai yaitu kevalidan dan kepraktisan pada game yang dikembangkan. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media game edukasi yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai sebesar 92%. (2) hasil respon siswa didapatkan setelah game Fun Math diujicobakan sehingga dikategorikan yaitu sangat praktis dengan perolehan hasil skor respon siswa sebesar 88%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi Fun Math layak digunakan untuk anak tunagrahita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

g-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Engineering

Description

Jurnal G-Tech bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang teknologi dan terapan pada ruang lingkup keteknikan meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, sistem informasi, agroteknologi, ...