Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Meningkatkan Gerak Dasar Mendribble Dalam Permainan Bola Basket Melalui Metode Kooperatife Tipe STAD Siswa Kelas V SDN No. 68 Kota Timur Kota Gorontalo

Jaria N. Gani (SDN No. 68 Kota Timur, Kota Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan gerak dasar mendribble, kurangnya fasilitas seperti lapangan basket masih belum terdapat di sekolah serta penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang efektif.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar mendribble dalam permainan bola basket pada siswa kelas V di SDN No. 68 Kota Timur, Kota Gorontalo melalui metode kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti bahwa terjadi peningkatan rata-rata keterampilan mendribble bola yakni pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam mendribble bola mencapai 59,58. Setelah di adakan tindakan siklus satu terjadi peningkatan mencapai 9,59 menjadi 69,17. Namun pada nilai capaian dalam siklus satu ini belum memenuhi indikator kinerja. Pada tindakan siklus satu ini juga belum mencapai indikator kinerja. Maka dilanjutkan lagi dengan tindakan siklus dua dan peroleh hasil capaian 80,42 atau terjadi peningkatan sebesar 11,25. Dengan demikian rata-rata peningkatan dari observasi awal sampai siklus dua sebesar 20,84. Adanya peningkatan keterampilan mendribble bola dalam setiap siklusnya yakni rata-rata 25% dengan demikian hipotesis yang berbunyi terjadi peningkatan keterampilan mendribble bola dalam permainan bola basket melalui strategi kelompok pada kelas V SDN No. 68 Kota Timur dapat terbukti.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...