Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Pelatihan Kreatifitas Menggambar Ilustrasi Naratif “Primitif Art” Untuk Anak Binaan di Sekolah Tunas Sinergi Indonesia

Tasri Jatnika (Universitas Paramadina)
Ayoeningsih Dyah Woelandhary (Universitas Paramadina)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Menggambar adalah cara ungkap yang paling mudah setelah bahasa gerak tubuh. Bagi usia anak-anak yang belum mengenal huruf serta angka, gambar adalah sarana untuk menggambarkan idenya, melalui torehan, tarikan garis dan warna. Karya yang dihasilkan lugas, naif, jujur, berani dan menampilkan ciri khas unik dari setiap anak yang sangat berbeda satu sama lain. Pelatihan materi pengajaran metode gambar dari yang melakukan pengembangan kreatifitas dari karya manusia di masa primitif atau Primitif Art, yakni berupa cetakan gambar tangan yang ditemukan di dalam gua kuna yang berisi gambar cadas, yang bisa dikembangkan menjadi sebuah narasi yang bisa diceritakan kembali dalam bentuk presentasi sederhana oleh anak-anak. Proses pendampingan dalam pelatihan ini dilakukan untuk menumbuhkan keragaman ekspresi anak-anak binaan di Yayasan Rumah Sinergi Indonesia. Tujuan dari proses pendampingan dan pelatihan ini adalah sebagai salah satu sarana untuk memberikan ruang ekpresi bagi anak binaan di lingkungan yayasan yang memiliki konsentrasi agar anak-anak mendapatkan sarana dan ekspresi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...