Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 1 (2019): January 2019

Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa Pada Materi Limit Fungsi Dengan Menggunakan Strategi Think-Talk-Write

Fatma Abdurahman (SMA Negeri 1 Gorontalo)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar dan (b) mengetahui kemampuan penalaran dan disposisi matematis melalui strategi TTW. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo berjumlah 30 orang. Desain penelitian menggunakan prosedur tindakan Model Kemmis dan McTaggart, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan tes untuk menilai kemampuan penalaran dan lembar pengamatan menilai disposisi matematis siswa. Temuan penelitian membuktikan bahwa kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa pada materi limit fungsi aljabar dapat meningkat melalui strategi TTW. Pada Siklus I sebanyak 16 (53,33%) orang mencapai nilai 60 dan kemudian meningkat menjadi 20 (66,67%) orang pada Siklus II, dan meningkat lagi menjadi 27 (90%) orang pada Siklus III. Sedangkan disposisi matematis siswa pada Siklus I sebesar 76,12%, meningkat menjadi 80,27% pada Siklus II, serta menjadi 90,03% pada Siklus III.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...