Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 6, No 3 (2020): September 2020

Meningkatkan Kemampuan Guru- Gurudalam Pelaksanaan Bimbingan Belajar Melalui Teknik Pendampingan Di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan

Imran Atute (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Utara)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2020

Abstract

Berdasarkan kegiatan refleksi dan umpan balik yang dilakukan antara guru dan kepala sekolah disepakati untuk tidak melanjutkan penelitian ke siklus III karena guru pada dasarnya telah dapat melakukan aktivitas pendampingan sesuai dengan kesepakatan dan telah berimplikasi pada peningkatan kemampuan guru dalam untuk pelaksanaan bimbingan belajar terhadap siswa.Berdasarkan tindakan yang dilaksanakan selama penelitian jelas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan bimbingan belajar setelah dilaksanakan penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus dengan teknik pendampingan. Dengan temuan ini maka teknik pendampingan seyogyanya dijadikan sebagai rujukan dalam proses peningkatan kemampuan guru dalam melakukan bimbingan belajar terhadap siswa. Teknik anĂ¡lisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menjabarkan secara rinci perencanaan, pelaksanaan, observasi serta hasil pelaksanaan tindakan setiap siklus sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang hasil penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...