Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 5, No 3 (2019): September 2019

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Hasil di Kabupaten Muna

La Ode Roda (SD Negeri 4 Tongkuno Muna)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi Model pembelajaran konvensional diduga merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 4 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa cenderung bersikap pasif karena selama pembelajaran berlangsung interaksi guru dan siswa sangat kurang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 4 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kontekstual kelas VI SD Negeri 4 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tongkuno yang terletak di kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna, pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian menujukan Penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Gejala Alam Di Indonesia di SD Negeri 4 Tongkuno . Persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,83% dan siklus II sebesar 95,83%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 25% dari siklus I dan telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...