Berdasarkan analisis masalah pada latar belakang dibuatlah produk video pembelajaran tema airku tercemar sebagai salah satu solusi alternatif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mendeskripsikan tingkat efisien video pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada tema airku tercemar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model 4D dari Thiagarajan (1974) melalui modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dengan dibatasi pada tahap dari tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design) sampai Pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli untuk uji kevalidan, yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi serta angket respon siswa untuk mengukur tingkat efisien produk yang dikembangkan. Hasil validasi berdasarkan validasi materi memperoleh nilai persentase sebesar 97,77% dengan kategori “Sangat Valid’, validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 90% dengan kategori “Sangat Valid” dan validasi ahli praktisi memperoleh nilai sebesar 86,9% dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil tingkat efisien produk video pembelajaran didapatkan dari hasil respon siswa, mendapatkan nilai persentase sebesar 83,1% dengan kategori “ Sangat Efisien “. Berdasarkan penilaian tersebut produk video pembelajaran sangat efisien dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP.
Copyrights © 2022