Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 4 (Oktober 2022)

Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW

Ani Nur Aeni (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)
Juni Artha Juneli (Unknown)
Erlinda Indriani (Unknown)
Indri Nur Septiyanti (Unknown)
Resta Restina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Perkembangan teknologi digital memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi. Dampak dari perkembangan era digital ialah munculnya berbagai teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan dan merubah pola kehidupan manusia. Berbagai perubahan yang terjadi pada saat ini diantaranya perubahan perilaku pada diri siswa. Namun, perubahan perilaku yang terjadi cenderung mengarah kepada hal-hal yang negatif. Hal tersebut berpengaruh terhadap tingkat pemahaman terhadap ilmu agama yang dimiliki siswa. Penggunaan e-book sering digunakan untuk memperoleh informasi berupa teks, gambar, maupun bentuk multimedia lainnya yang dapat diakses melalui smartphone, laptop dan atau komputer. Pembelajaran mengenai kisah Nabi Muhammad SAW yang dituangkan dalam bentuk e-book Kijubi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa SD  keteladanan yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. Keteladanan yang dapat diambil dari kisah Nabi Muhammad SAW diantaranya sifat terpuji yang dimiliki, kehidupan Nabi dari saat kecil hingga dewasa, serta kecerdasan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian peneliti tertarik untuk menganalisis secara mendalam mengenai tingkat pemahaman siswa SD terhadap kisah Nabi Muhammad SAW yang dituangkan dalam bentuk e-book Kijubi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan model (D&D) Design and Development. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa studi wawancara dan studi dokumentasi yaitu peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas untuk mendapatkan informasi terkait permasalahan yang terjadi dan studi dokumentasi dilakukan sebagai data pelengkap sehingga informasi penelitian yang didapatkan lebih rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap keteladanan Nabi Muhammad SAW setelah membaca e-book Kijubi ialah dari 20 siswa, terdapat 5 orang yang mendapatkan nilai 100, 5 orang mendapatkan nilai 90 dan 80, 1 siswa mendapatkan nilai 70, 60, dan 30, dan 2 siswa mendapatkan nilai 50. Berdasarkan hasil analisis tersebut e-book Kijubi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap kisah Nabi Muhammad SAW.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...