Manajemen suatu organisasi merupakan pondasi pokok dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, keberhasilan ataupun kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh baik tidaknya tata kelola manajemen tersebut. Konsep Total Quality Management yang dikolaborasikan dengan nilai-nilai akhlakul karimah dalam pelaksanaannya merupakan inovasi perbaikan terus-menerus yang tidak hanya berfokus pada output tetapi juga pada proses. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep Total Quality Management berbasis akhlakul karimah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menelaah kemudian menggambarkan tentang keadaan yang menjadi obyek kajian. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data yang didapatkan kemudian dideskripsikan untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal masih berorientasi pada hasil bukan dengan proses sehingga diperlukan perbaikan secara berkesinambungan, hal inilah perlu diterapkan konsep Total Quality Management dimulai dari perencanaan, proses, evaluasi dan tindak lanjut sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2022