JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa dan Strategi Guru Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Dio Eka Putra (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Hefni, Erningsih (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Hasil penelitianfactor internal penyebab rendahnya nilai hasil belajar siswa sosiologi yaitu rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi, sikap negative siswa yang dapat menimbulkan kesulitan belajar, dan adanya faktor eksternal penyebab rendahnya nilai hasil belajar siswa sosiologi yaitu lingkungan keluarga kurang disiplin dan kurang perhatian dari orangtua, lingkungan pergaulan atau teman sebaya (salah pergaulan). Sehingga strategi guru dalam meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran sosiologi yaitu guru menggunkan model pembelajaran yang bervariasi seperti guru menggunkan model pembelajaran pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) atau CTL, model pembelajaran pembelajaran kooperatif, dan model pembelajaran pembelajaran ekspositori.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...