Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 2 (2022): Agustus

Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Melalui Pemanaatan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual

Kadek Candra Dewi (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Gusti Ngurah Sastra Agustika (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Belum efektifnya penggunaan media dalam proses pembelajaran serta kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep materi yang dipelajari mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Oleh karena itu, diperlukannya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi agar terciptanya pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini tujuannya untuk menciptakan media berbentuk video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual materi volume dan luas permukaan balok kelas V SD. Jenis dari penelitian ini adalah pengembangan dengan berpacu pada model ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran, serta siswa kelas V yang terdiri dari 3 orang uji coba perorangan, dan 9 orang uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan menggunakan cara atau metode wawancara, observasi, dan angket. Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan dari uji kelayakan produk dari para ahli dan siswa. hasil review dari ahli  isi pembelajaran memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 95,45% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan memperoleh skor 91,6% dengan kualifikasi sangat baik, serta uji coba kelompok kecil memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan kotenstual ini layak diterapkan dalam proses belajar mengajar. Implikasi dari penelitian ini yaitu  siswa dapat membantu menunjang proses pembelajaran, sehingga menjadikan siswa lebih mampu dalam memahami materi serta menjadi media yang menarik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...